86% perusahaan di Asia Pasifik menggunakan teknologi IoT di 2019

Transformasi digital yang akan terjadi beberapa waktu kedepan memang tidak bisa dipungkiri lagi. Teknologi Internet of Things (IoT) menjadi salah satu teknologi yang akan membuat perubahan pada transformasi digital. Berdasarkan penelitian, disebutkan ada 86% perusahaan di Asia Pasifik yang menggunakan Internet of Things di 2019.

Internet of Things memang terbukti memberikan keuntungan yang lebih kepada perusahaan. Meningkatnya efisiensi serta inovasi di berbagai sektor industri seperti layanan kesehatan, ritel, bahkan pemerintahan di seluruh dunia. Tetapi kelemahannya, ketika banyak perangkat yang terhubung dalam jaringan tentu akan muncul tantangan keamanan baru. Itu semua menjadi hal yang rentan bagi para perusahaan di Asia Pasifik.

Ditemukan dari hasil penelitian, meski 97% dari 1.150 responden di Asia Pasifik seperti Australia, Tiongkok, India, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan telah mengerti IoT. Tetapi, banyak juga responden yang belum paham tentang definisi dan manfaat IoT yang sebenarnya bagi perusahaan.

Ternyata pemanfaatan IoT ini melebihi ekspektasi. Harapan dan keuntungan yang terlihat jelas di kawasan Asia Pasifik meliputi dua bidang. Yaitu, profitabilitas serta efisiensi bisnis. Hal tersebut sangat memungkinkan bahwa dunia bisnis pun akan ikut bertransformasi secara masal ke IoT di tahun 2019 nanti.


Sumber : https://teknologi.id/86-perusahaan-di-asia-pasifik-menggunakan-teknologi-iot-di-2019-26225ce33a41