Briefing Direksi Krakatau IT

“Kreatif, Inovatif, selalu bergerak mengikuti perubahan. Hanya orang-orang yang tidak mau berubah yang akan tertinggal dan tersingkir. Perusahaan perlu mengkaji kebutuhan teknologinya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berubah demikian cepat dari waktu ke waktu, serta lalu lintas informasi yang dapat diakses secara mobile dari perangkat apapun, kapanpun, dan di manapun”.

Itulah kalimat yang menggambarkan tantangan bisnis di dunia IT dewasa sekaligus menjadi tema Briefing yang pertama kali digelar oleh Direksi baru Krakatau IT, Amirul Mu’tamar-Direktur Utama dan Bakhrul Ulum-Direktur. Duet Direksi Krakatau IT yang sudah tidak asing lagi dalam menggeluti dunia IT tersebut berlangsung di gedung EDPC PT Krakatau Steel Cigading. Acara dihadiri karyawan dan karyawati Krakatau IT yang sebagian besar bertugas di lokasi EDPC Cigading. Sesuai perkiraan acara berlangsung menarik dan dalam suasana yang akrab, sehingga baru bisa berakhir hingga jam pulang kerja.

Acara diawali dengan pemaparan dari Direktur Utama-Amirul Mu’tamar tentang rangkaian revolusi industri dari era tahun 1784 hingga era milenial saat ini. Bagaimana proses inovasi diberbagai era berlangsung dengan kemajuan teknologi yang mengikutinya. Melihat teknologi dengan perubahannya yang demikian pesat dan tidak bisa dihindari, pesan yang disampaikan adalah road map Krakatau IT perlu di evaluasi dan segera dilakukan perubahan, diantaranya mengembangkan bisnis cloud computing & internet of things, serta agresif meraih peluang-peluang pasar diluar KS Group sesuai kemampuan dan target pasar Krakatau IT. Disamping itu ke depan perlu lebih mengoptimalkan bisnis yang sudah berjalan saat ini, dan memperkuat sisi lainnya antara lain : penataan SDM, sistem remunerasi karyawan, struktur keuangan, memperkuat image perusahaan, dan berbagai rencana pengembangan bisnis lainnya.

Usai presentasi dari Direktur Utama, dilanjutkan dengan presentasi dari Direktur baru Krakatau IT Bakhrul Ulum. Dengan pengalaman sebelumnya sebagai Manager Business. Enabler, IT/IS & MS PT. KS dan berada dalam satu gedung dengan karyawan Krakatau IT, identifikasi masalah dan solusi yang akan dikembangkan ke depan sudah cukup terdefinisikan, diantaranya menyampaikan beberapa fakta perubahan saat ini, yaitu konsumen yang semakin kritis, persaingan semakin ketat, karyawan menginginkan kesejahteraan yang terus meningkat, dan harga material yang terus meningkat sedangkan budget yang dituntut konsumen semakin rendah tanpa menurunkan kualitas. Semua hal tersebut akhirnya menjadi pembelajaran agar semua karyawan bisa berubah ke arah yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan bisnis IT ke depan. “Jika eksternal berubah, kompetitor berubah, sedangkan kita hanya sibuk dengan rutinitas yang standar, maka cepat atau lambat perusahaan akan tutup tergerus oleh persaingan” ujarnya.

Briefing hari itu ditutup dengan tag line “hari ini adalah untuk mencapai masa depan, mulai berubah, dan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dilakukan saat ini, teruslah berinovasi dan tingkatan kinerja untuk kemajuan perusahaan”. (rm/KIT)