Innovation Day Krakatau IT

Inovasi dan Improvement Day atau IQ day kembali dilaksanakan di PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT). Tahun ini jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 4 tim, dengan Dewan Juri sebanyak 6 orang terdiri dari 1 orang auditor eksternal Tb. Sudjoko, dan 5 orang dari internal Krakatau IT yaitu Rendrayanto, Sugiarni, Zuraidah, Ari Prabowo dan Desi.

Jauh sebelum audit digelar pada tanggal 21 Maret 2017 Divisi Corporate Transformation Krakatau IT terlebih dahulu mengirimkan surat dari Direktur Keuangan dan Umum kepada semua Unit Kerja untuk membuat makalah terkait dengan inovasi dan improvement yang telah dilakukan oleh Unit kerja masing-masing. Kemudian pada tanggal 2 Mei s.d 12 Mei 2017 dilakukan pengumpulan formulir pendaftaran peserta dan makalah inovasi/improvement.

Acara Audit Inovasi/ Improvement berlangsung pada tanggal 19 Mei 2017 mulai pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Krakatau Consulting PT Krakatau IT, dibuka dengan pengarahan dan penyamakan persepsi para auditor. Dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Keuangan & Umum Al-Hikmah, menurutnya “Inovasi dan Improvement merupakan Jantung bagi Krakatau IT, ide-ide karyawan harus menjadi bagian dari Pertumbuhan Perusahaan”. Ditambahkannya, “ inovasi dan improvement selama ini sesungguhnya berlangsung setiap hari namun tidak terecord, di harapkan dengan adanya acara IQ Day ini, inovasi dan Improvement karyawan dapat terecord dan dikembangkan, jika tidak dikembangkan maka Perusahaan bisa mati karena inovasi dan improvement adalah jantungnya Perusahaan.” Ujar Al-Hikmah menutup sambutannya.

Selepas sambutan dilanjutkan dengan Audit Inovasi. Diawali dari Tim ‘SGA R&D’ Divisi SBU Control & Automation dengan judul “Mengurangi Breakdown Equipment Produksi, dengan Melakukan Pengawasan Menggunakan Mobile Inspection Utility Tools”. Dilanjutkan tim ‘Project Hero’ SBU Non SAP dengan judul “Mobile Office Management Berbasis Android”. Kemudian dari ‘The Innovation Team’ SBU Non SAP dengan judul “Optimalisasi Fitur Bridging Untuk Proses Kasbon dan Lumpsum SPD di Modul SAP Finance”. Dan terakhir dari Tim ‘Paperless’ SBU SAP dengan judul “Memo Realisasi Anggaran Paperless”. Waktu presentasi maksimal 20 menit diikuti sesi tanya jawab.

Setelah presentasi Tim Auditor melakukan Rapat Pleno untuk menentukan Pemenang. Kriteria penilaian terdiri dari : Plan, Do, Check and Action (PDCA) serta teknik Presentasi. Dari hasil penilain Tim ‘SGA R&D’ Divisi SBU Control & Automation keluar sebagai Juara I, disusul ‘The Innovation Team’ SBU Non SAP, tim ‘Project Hero’ SBU Non SAP dan Tim ‘Paperless’ SBU SAP untuk Posisi II, III dan IV. Ini adalah kali ketiga Divisi SBU Control & Automation berhasil menjuarai IQ Day. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan, dan seyogyanya bisa diikuti oleh Tim dari Divisi/SBU lainnya di tahun berikutnya. Pemberian hadiah dilakukan saat acara Syukuran HUT Krakatau IT, dan untuk Juara I diberi kesempatan mempresentasikan hasil inovasinya di acara HUT perusahaan yang digelar 6 Juni 2017.