Krakatau IT Bangun Automatic Meter Reading KTI

Di Era digital saat ini hampir setiap perusahaan dituntut menerapkan sistem informasi untuk menunjang proses bisnisnya. PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT) sebagai perusahaan IT mendapat kepercayaan dari PT Krakatau Tirta Industri (KTI) untuk membangun Automatic Meter Reading (AMR) guna membaca meter pemakaian air. AMR yang dibangun berbasis online server handheld android dan web base, serta dapat diintegrasikan dengan sistem ERP yang ada (SAP).

Saat ini KTI sendiri memiliki lebih dari 1580 titik meter air yang tersebar di beberapa wilayah mulai dari Cilegon, Merak, dan Anyer. Dari jumlah tersebut setiap bulannya petugas pencatat meter akan mengunjungi setiap titik, dan melakukan pencatatan secara manual untuk dilaporkan kepada petugas Administrasi. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan input dan keterlambatan dalam proses pelaporan. Dengan AMR berbasis android dan web base, data yang telah diinput dapat diproses dan disimpan ke dalam server, serta dapat diakses melalui jaringan lokal ataupun eksternal perusahaan. 

Manfaat penggunaan AMR bisa langsung dirasakan, diantaranya; meminimalisir kesalahan input sehingga billing atau penagihan kepada konsumen bisa lebih akurat dan terdokumentasi dengan baik, mempercepat pelaporan hasil pencatatan meteran air tanpa perlu menambah tenaga operator di lapangan maupun tenaga admin, sehingga bisa lebih efisien.